1 Di TK/ RA
Situasi siswa di TK/RA memang sangat menyenangkan karena penuh permainan dan hiburan. Dalam situasi yang demikian terkdang guru-guru TK lepas kontrol terutama dalam menyampaikan pelajaran. Khususnya ketika guru-guru TK menggunakan bahasa Indonesia. Banyak terdengar bahasa yang digunakan kurang efektif, contoh ketika guru TK menanyakan sesuatu pada siswanya :
1. " Di tangannya kamu ini ada apanya, kok merah?"
2. "Kamu dilarang tidak boleh duduk di sini karena ini sangat berbahaya sekali"
Sebaiknya kalimat di atas lebih efektif jika .
1. Mengapa tangannmu merah. Ada beberapa kata yang seharusnya tidak diucapkan seperti di, nya. ada
apanya, kok.
2. Kamu dilarang duduk di sini karena berbahaya sekali , atau
Kamu tidak boleh duduk di sini karena sangat berbahaya
2. Di SD/ SMP/SMA
Beberapa kalimat sering terdengar yang tidak efektif antara lain:
1. Bagi siswa yang terlambat agar supaya melapor ke BK.
2. Kepada siswa yang belum lunas uang buku supaya melapor !
3. Untuk siswa yang namanya tercantum di papan pengumuman supaya mendaftar ulang !
4. Kepada siswa yang sudah menerima rapor sisipan supaya masuk aula.
5. Siswa membehas persoalan masalah ketahanan negara.
6. Semua data-data yang sudah disimpan di file supaya dikontrol kembali !
7. Semua siswa-siswa sudah ada di lapangan tengah.
8. Banyak masalah-masalah yang belum dibahas.
9. Atas perhatian Saudara saya ucapka banyak-banyak terima kasih.
10. Kita semua perlu memahami ilmu kemasyarakatan .
11. Mereka-mereka itulah yang perlu mandapat perhatian lebih dari pemerintah.
12. Kepada Yth. Bapak Kepala SMP 1 Jombang di Jombang.
13. Dengan ini kami myampaikan beberapa masalah-masalah yang aktual .
14. Bulan Januari lalu dia sudah menerima berita.
15. Hari Senin saya berangkat.
Semua kata yang bertulis merah pada pernyataan di atas, termasuk kata yang seharusnya tidak
diucapkan oleh penutur bahasa.
3. Di Masyarakat selanjutnya nantilah.........
http://perangkat-keras-komputer.tokobagus.com/proyektor/wiimote-interactive-whiteboard-8559565.html?adstype=1
BalasHapus